Sejarah Prodi

Program Sarjana (S1) Ilmu Pemerintah didirikan pada tahun 1984, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984.
Dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah peminat untuk mengambil program studi ilmu pemerintahan cukup tinggi dan meningkat. Hal ini berdasarkan Dalam seleksi nasional tahun 2011 misalnya, total peminat program studi adalah yang tertinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal ini tampaknya karena meningkatnya jumlah pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur, dari 6 kabupaten / kota pemerintah untuk 14 pemerintah kabupaten / kota. Peningkatan dengan segala cara membutuhkan pegawai pemerintah lebih.
Dalam perkembangan terbaru (awal 2012), usulan penetapan sebuah provinsi baru yang disebut Kaltara (Kalimantan Utara) telah disetujui oleh pemerintah pusat dan DPR. Proses pendiriannya sedang berlangsung. Ini berarti bahwa pegawai pemerintah lebih akan diperlukan.
Pada titik ini, keberadaan Program Sarjana di Pemerintah adalah sangat penting karena ini program studi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pemerintahan-hal yang berkaitan. Selain itu, kerja prospek lulusannya tidak hanya di lembaga pemerintah tetapi juga di sektor-sektor swasta.